Fungsi Software Photoshop Bagi Pekerjaan Multimedia

Fungsi Software Photoshop Bagi Pekerjaan Multimedia


Kali ini trikmaster.com akan membahas tengtang "Fungsi Software Photoshop Bagi Pekerjaan Mulitimedia"
Sebelum kita membahas "Fungsi Software Photoshop Bagi Pekerjaan Mulitimedia" alangkah baiknya kita tau asal usul photoshop :

Baca Juga: 4 Aplikasi Lock Screen Terbaik Untuk Andoid

Lahirnya Adobe Photoshop
Saat pengembangan “Display” menjadi semakin baik, hasilnya pun muncul dengan nama “ImagePro”.
Jadi sebelum namanya Photoshop itu adalah ImagePro. Pada tahun 1988, perusahaan scanner BarneyScan tertarik untuk membelinya sebagai software bawaan scanner. Nah, saat itulah nama Photoshop lahir. Tapi sayang, Photoshop muda ini hanya dibuat 200 copy saja sehingga belum dikenal masyarakat luas. Tak ingin berpuas hati, mereka lalu mencoba mencari peruntungan di kawasan industri terkenal, ‘Silicon Valley’.
Selangkah demi selangkah, keberuntungan pun mulai berpihak. Mereka berhasil mendemonstrasikan keunggulan program Photoshop kepada Apple Computer Inc dan Adobe. Alhasil, pihak Adobe kepincut dan langsung membeli lisensi program itu. Kemudian pihak Adobe sepakat untuk merilis Adobe Photoshop 1.0 pada bulan Februari 1990. Program itu berkapasitas sama dengan sekeping floppy disk (1,4 Mb) yang hanya bisa dioperasikan untuk komputer ber-platform Macintosh.

Merambah ke Windows
Setelah itu Adobe Photoshop mulai mencatat sejarah hingga menjadi salah satu masterpiece di dunia teknologi informasi. Next, Adobe Photoshop 2.0 dirilis pada Juni 1991 yang lagi-lagi hanya bisa dioperasikan di bawah platform Macintosh. Seiring dengan perkembangannya, Windows dinilai mulai mendominasi pasar komputer. Maka pada tahun 1992 diluncurkanlah Adobe Photoshop Versi 2.5, yang pertama kalinya bisa dioperasikan ke Windows.

Pada November 1993, kembali diluncurkan versi 2.5.1 namun kali ini Windows tidak diikutsertakan. Baru pada Versi 3.0 di tahun 1994 diluncurkan kembali untuk Macintosh & Windows. Begitu pula dengan
versi 4.0, versi 4.0.1, versi 5.0, versi 5.0.1, versi 5.5, versi 6.0, versi 6.0.1, versi 7, versi 7.0.1, versi 8.0/CS, CS 2, CS 3, CS 4, CS5, CS 6, CC , wihh sudah banyak berevolusi dengan penambahan fitur fitur barunya.

Baiklah simak Langsung  "Fungsi Sofware Photoshop Bagi Pekerjaan Multimedia" :

1. Fungsi Photoshop Dalam Bidang Film

Mungkin kalian bingung kenapa photoshop berfungsi dalam dunia film, photoshop itu kan buat editing foto apakah bisa buat edit video?
Memang adobe photoshop tidak bisa edit video namun penggunaan nya untuk edit foto frame demi frame lalu di sambung menjadi sebuah video seperti kartun stopmotion shoun the sheep, dan membuat efek di film seperti wajah hancur, namun karena kemajuan teknologi sekarang banyak yang menggunakan adobe affter effect untuk video.

2. Fungsi Photoshop Dalam Bidang Photografi


Di dunia photografi pasti sudah tidak asing menggunakan photoshop dalam mengolah hasil jepretan sang photografer.
Saat melakukan pemotretan pasti ada aja yang tidak sesuai seperti ada sampah di objek, apakah jika kalian sebagai photografer akan memungut sampah itu dulu baru foto?
Jelas tidak, karena adanya photoshop kita bisa menghilangkan sampah dengan menimpa sampah dengan objek lain menggunakan tool yang ada di photoshop yaitu Clone Stamp Tool , cara penggunaan nya bisa kalian cari di google.
Atau memcerahkan hasil foto kalian yang kurang cerah bisa juga di photoshop dan masih banyak lagi penggunaanya di bidang photografi.

3. Fungsi Photoshop Dalam Bidang Web Design


Photoshop juga digunakan oleh banyak web desainer. Keterbatasannya akan eksport file ke dalam bentuk HTML, Photoshop jarang digunakan untuk membuat kode website, namun hanya untuk membuat desainnya sebelum dimasukkan ke dalam tahapan coding. Biasanya digunakan untuk desain standar, website yang tidak berfungsi dalam Photoshop, kemudian menggunakan desain tersebut dan membuatnya ke dalam bentuk website menggunakan Dreamweaver, atau software lainnya. Hal ini dilakukan karena kemudahannya untuk meletakkan berbagai elemen dalam halamannya, menyesuaikan warna dan menambahkan elemen tanpa memakan waktu pada penulisan kode yang sebenarnya bisa dilakukan nanti. Dalam membuat layout ini, desainer dapat mengoptimasi untuk digunakan online, eksport grafis ke dalam beberapa versi, desain elemen individu seperti background atau buttons, dan lain sebagainya.

4. Fungsi Photoshop Dalam Bidang Graphic Creation


Perkembangan yang terjadi pada Photoshop membuat Photoshop menjadi salah satu software yang baik untuk membuat grafis baru, asli hasil pekerjaan dari desainer itu sendiri. Grafis tersebut dapat dibuat hanya menggunakan Photoshop ini atau bisa juga dilanjutkan menggunakan software lain untuk melakukan bentuk lain dari proyek tersebut. Ketika seorang desainer sangat menguasai dan khatam mengenai Photoshop, kreatifitas dan imajinasi akan membawanya membuat hal-hal baru.

Itulah beberapa "Fungsi Software Photoshop Bagi Pekerjaan Multimedia" Jadi jangan ragu tuk belajar photoshop karena banyak perusahaan yang membutuhkan skill di photoshop.
Semoga Bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Fungsi Software Photoshop Bagi Pekerjaan Multimedia"

  1. Artikel keren Gan....makasih

    ReplyDelete
  2. kebetulan saya juga suka photoshop nih, memang berguna banget menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan , kalo di pelajari dengan tekun pasti bisa menghasilkan uang

      Delete
  3. Menurut saya photoshop itu keren, apalagi dalam manioulasi foto, bnyak orang sekarang menggunakan aplikasi langsubg dari android, oadahal itu akab membuat keahlian semakin menurun,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak 360 ya hahah
      Pake photoshop membuat kita mandiri mengedit , sekarang orang orang lebih suka manual kayak 360

      Delete
  4. sangat bermanfaat bnget gan nice infonya😉

    ReplyDelete
  5. ane kadang bingung pake photoshop, mungkin karena belum terbiasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelajari dengan tekun pasti bisa gan , liat tutorial aja di google

      Delete
  6. Ternyata banyak fungsinya ya, tapi susah gunainnya menurut ane

    ReplyDelete
  7. Nice gan ane jg masih belajar cara pakainya. ribet soalnya.

    ReplyDelete
  8. Ane lebih suka photoshop buat bikin .gif / vector :D

    ReplyDelete
  9. ada juga fungsi photosop buat web design

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan , tapi karena ada yang lebih simple makanya jarang ke pake photoshop

      Delete
  10. photosop memang banyak banget gunanya gan. Klo ane keseringan make buat design gambar dan editing foto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang lumayan banyak fungsinya , tapi yang paling umum ya buat editing gambang

      Delete